18 Jun 2014

SMTown Salah Gaul 2 by @SalahGaulSMTown

Judul: SMTOWN SALAH GAUL 2
Penulis: @SalahGaulSMTown
Penerbit: Matahari, April 2014
Tebal: 241 hlm.
ISBN: 9786021258910

Baca juga review SMTown Salah Gaul 1

Sinopsis:
SMTown Salah Gaul ada lagi??? Ada lagi??? Masa sih??? Yap, emangnya cuma sinetron Cinta Fitri aja yang punya Series. SMTown Salah Gaul yang gak kalah eksis di dunia tarik tambang juga punya seri kali...

Sesuai nama judulnya, SMTown Salah Gaul 2, masih ngebahas salah gaul SMEntertainment yang tidak diragukan lagi eksistensinya di dunia Hallyu Wave maupun Jamban Wave. Karena ini buku kedua, jadi pesen kami, kuatkan mental dan fisik Anda dua kali lipat sebelum membayar di kasir. Ingat jangan baca buku ini dengan serius, karena survei masih membuktikan 9 dari 5 orang yang membaca buku ini dengan serius, mengalami emnesia sesaat saat di jamban...

Syalala bara jamban bara jamban ulalaaaaa...

Mungkin sudah saatnya saya harus mengakui kalau ternyata saya memang salah satu penggemar dunia hiburan Korea. Sebab selama ini saya selalu berdalih, “Saya nggak gitu-gitu suka amat kok sama Korea. Nggak semua K-Drama saya tonton, cuma beberapa aja.” Atau, “Saya nggak ngefans-ngefans amat kok sama idol group Korea. Saya kenalnya cuma Shinhwa, SNSD, Super Junior, f(x), sama 2NE1.” Atau, “Ah, saya nggak suka-suka amat sama variety show Korea. Buktinya saya nyaris nggak pernah nonton Running Man. Variety show yang saya ikutin cuma The Return of Superman, Happy Together, Hello Counselor, Shinhwa Broadcast, sama Gag Concert yang luar biasa kocak itu.”

See? Melihat cukup banyak acara hiburan Korea yang saya ikutin (dan jujur saja, saya sangat menikmatinya), maka saya merasa munafik bila mengingat semua denial yang saya lakukan. “Aku merasa kotor!” (Oke, ini mulai lebay). Jadi, ketika melihat buku SMTown Salah Gaul 2 bertengger dengan manis di rak toko buku Gramedia Gorontalo, dada saya berdesir. Saya bisa mendengar suara-suara di dalam kepala saya berbisik, “Beli Pan... Beli Pan...” Ya, pada akhirnya saya memang membeli buku bercover unyu-unyu ini permirsah. Saya cukup yakin akan bisa menikmati humor dalam buku ini berbekal pengetahuan secukupnya tentang K-Pop.

Baik, saya cukupkan curcol singkat di atas. Mari lanjut ngebahas bukunya. Cusss...

Sama seperti buku pertama, SMTown Salah Gaul 2 masih memparodikan artis-artis SMEntertainment dalam berbagai bentuk, mulai dari fanfic berbentuk komik hingga berbentuk cerpen. Tak hanya fanfic, konten buku ini juga berisi lirik lagu salah gaul (#LirikJamban) dari idol group terkenal SMEntertainment, biografi ngasal dari EXO, parodi acara We Got Married, hingga kata-kata mutiara ngaco dari para artis.

Buku ini dibuka dengan komik dan fanfic SUCIRA (Super Junior Cipok The Radio), yang merupakan parodi dari acara Super Junior Kiss The Radio, kemudian dilanjutkan dengan beberapa fanfic random, di antaranya adalah SPOK (Satuan Pemberantas Oknum Kejahatan) di mana ceritanya adalah parodi film Charlie’s Angels sedangkan para tokohnya adalah hewan-hewan peliharan member Super Junior: Choco—anjing milik Eunhyuk, Heebum—kucing milik Heechul, dan Ddangkoma—kura-kura peliharaan Yesung. Ceritanya lumayan kocak. :D

Lalu ada fanfic berjudul Love Is Blind: Ketika Cinta Terhalang Gender yang dibintangi oleh Amber f(x) dan Key Shinee (judulnya aja sudah bikin ngakak) dan Cinta Suci Ddangkoma (yep, para hewan balik lagi). Cerita kura-kura jatuh cinta ini cukup panjang. Awalnya sih lucu ya, tapi makin ke belakang ceritanya jadi semakin deramak dan kelam. Kenapa jadi begitu, saya nggak tahu. Mungkin penulis terbawa suasana sehingga melupakan fakta bahwa dalam cerita tersebut para tokohnya adalah hewan.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, di buku ini juga ada segmen yang diberi judul #LirikJamban, di mana bagian ini adalah plesetan lagu-lagu grup band yang liriknya diubah ke dalam bahasa Indonesia. Lagu-lagu tersebut adalah:

1. Gak Kayak Gajah by Lefe(x) - parodi lagu La Cha Ta by f(x)
2. Ngajak Ngebakso by Supir Junior - parodi lagu No Other by Super Junior
3. Kumpul di Mall by EXO IX (dibaca Ekso Nain, itu loh boyben Indonesia itu ^^) - parodi lagu Growl by EXO
4. Kerja Bakti Masal by SNSMP - parodi lagu Galaxy Supernova by SNSD
5. Kepingkel by SNSMP SST (auk ah nggak ngerti SST itu apa) - parodi lagu Twinkle by SNSD TTS (Taeyeon, Tifany, Seohyun)
6. Beliin Dong by Shi Nenek – parodi lagu Ring Ding Dong by SHINee

Dari judul lagu-lagu di atas, yang familiar di telinga saya cuma 4, yaitu No Other, Galaxy Supernova, Twinkle, dan Ring Ding Dong. Kalau dibandingkan dengan lagu aslinya, lirik dalam bahasa Indonesia memiliki pelafalan yang cukup mirip dengan bahasa aslinya (Korea). Saya pikir itu sangat kreatif, sebab tak hanya mirip, isi liriknya sendiri pun sangat lucu. Sayang, sisa lagu yang lain kurang begitu familiar bagi saya, sehingga saya men-skip lirik lagu-lagu tersebut.

Sisanya adalah Quotes Salah Gaul dari member SMEntertainment yang isinya nggak ada yang bener; pembahasan gaya-gaya alay ala Korea yang dibeli judul 4l@y Korea; lalu Games nggak penting yang ujung-ujungnya kita dipasangkan sama *sensor*; hingga Biografi Ngaco EXO yang isinya bikin geleng-geleng kepala (menurut saya cukup lucu, meskipun saya buta soal EXO).

Kalau saya perhatikan, ada dua tokoh yang lumayan sering menjadi korban bully para penulis, yaitu Lee Soo-man (bos besarnya SMEnterntainment) dan Amber (anggota girlband f(x)) yang sering dituduh transgender karena gayanya cowok banget. Emang sih gaya si Amber ini sangat tomboy. Tapi lama-lama saya merasa kasihan juga sama Lee Soo-man dan Amber. Hahaha.

Kurang lebih seperti itulah isi buku ini. Oya, di review buku SMTown Salah Gaul yang pertama saya berkomentar bahwa buku-buku semacam ini memiliki target pembaca yang terbatas, yaitu mereka yang mengikuti perkembangan dunia hiburan Korea, dalam hal ini artis-artis binaan SMEntertainment. Namun pendapat saya tersebut tak sepenuhnya benar, sebab teman saya yang bukan penggemar K-Pop dapat terhibur saat membaca buku plesetan artis-artis Korea semacam ini, bahkan sempat iseng mencari info di internet tentang artis Korea yang menjadi korban bully para penulis. Sekadar info, para penulis bukanlah haters, tapi fans yang otaknya agak kelewat kreatif sehingga bisa-bisanya menemukan sisi lucu dari para artis Korea ini. Saya sendiri cukup menikmati membaca buku ini, walau ada saja bagian yang saya kurang ngeh. Bila ingin mencari bacaan ringan yang mengocok perut, buku ini dapat dijadikan pilihan.

Sebagai penutup, saya akan mengutip salah satu quote dari #QutesSalahGaul:

“Hubungan yang sudah di ujung tanduk memang sulit untuk dipertahankan, tetapi percayalah lebih sulit mempertahankan mules di ujung pantat." – Maryeowook Teguh

*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back to top