13 Feb 2014

SMTown Salah Gaul by @SalahGaulSMTown

Judul: SMTOWN SALAH GAUL
Penulis: @SalahGaulSMTown
Penerbit: Matahari, 2013
Tebal: 222 hlm.
ISBN: 9786021258354

Baca juga review SMTown Salah Gaul 2

Sinopsis:
Tau gak sih yang biasa ngambang di jamban? Em... selain makhluk absurd berwarna kuning-kuning karya combro setengah mateng, jawabannya adalah SMTown Salah Gaul. Sesuai nama judulnya, semua yang ngambang di buku ini cuma humor yang tujuannya buat menghibur siapa aja yang butuh hiburan. Kalo kambing tetangga lo butuh hiburan, kasih aja buku ini. Kalo gak keselek, yah paling besoknya udah ada di meja makan tuh kambing (#PoorKambing).

Ini bukanlah antis atau bahasa kerennya "Haters" dari SM Entertainment, justru kita adalah fans yang benar-benar mengagumi artis SMTown, jadi jangan dibawa serius. Survei membuktikan, 1 dari 10 orang yang membaca buku ini dengan serius, ia mendapat kesulitan untuk bok*r.

Lagi-lagi beli buku karena covernya. I love the cover, Sodara-Sodara. Imut-imut gitu. Haha.

Anyway, buku-buku model begini biasanya isinya humor plesetan. Dan dari judulnya, bisa ditebak kalau buku ini berisi kumpulang jokes yang berhubungan dengan artis-artis SM Entertainment dari Korea Selatan sana. Bagi yang belum tahu, SMEntertainment adalah sebuah manajemen artis yang telah mengorbitkan banyak entertainer terkenal mulai dari boyband Super Junior, SHINee, gilrband SNSD, f(x), dll. SMTown sendiri (menurut pemahaman saya ya, silahkan koreksi bila saya salah) dibentuk untuk mewadahi kegiatan show dan konser artis-artis SM Entertainment di luar negeri. Maka dari itu, mengingat dalam buku ini sama sekali tidak menyinggung soal plesetan/humor/whatever dari kegiatan SMTown, saya pikir judulnya agak rancu. Mungkin lebih tepat diberi judul SMEnterntainment Salah Gaul. (Update: ternyata ada buku dari penerbit lain dengan judul SMEntertainment Salah Gaul. :P)

Buku ini sendiri berasal dari akun twitter @SalahGaulSMTown. Yap, this is another book yang dibuat dari akun twitter. Tadinya saya ragu untuk beli, apalagi harganya tergolong mahal (Rp 59.500, Gramedia Manado). Tapi berhubung saya cukup familiar dengan artis-artis semacam SuJu dan SNSD, saya pikir nggak ada salahnya mencoba jenis hiburan dengan membayangkan adegan-adegan konyol yang dilakukan oleh para artis tersebut.

Isi buku SMTown Salah Gaul bisa disamakan dengan gado-gado. Ya, format isinya macam-macam. Mulai dari plesetan radio show yang di-host oleh member Super Junior, plesetan cerita Twilight Saga yang semua cast-nya diganti menjadi member SMEntertainment (dengan cerita yang superabsud pastinya), plesetan cooking show Farah Quin (dengan menu masakan aburadul), plesetan K-Drama Secret Garden, plesetan acara Eat Bulaga dan Hitam Putih dalam bentuk komik strip, nama-nama artis EMEntertainment dalam bahasa Indonesia (sumpah ini lucu banget!), lirik lagu K-Pop versi Indonesia, kumpulan foto artis SMEntertainment dalam berbagai pose di atas jamban (tentu ini hasil photoshop), hingga kumpulan fakta lucu (ini ngawur banget LOL LOL LOL) tentang artis-artis SMEntertainment.

Di luar dugaan, saya cukup menikmati beberapa bagian buku ini. Malah, ada beberapa humor yang sukses bikin saya ngakak parah. Di antaranya adalah nama-nama artis Korea yang dibuat versi Indonesianya. Menurut saya sangat kreatif. Meski demikian, tidak sedikit juga jokes yang biasa saja, malah terkesan garing. Bisa jadi karena beberapa artis tidak familiar bagi saya, sehingga saya tak dapat membayangkan wajah artis tersebut. Bila sudah demikian, cerita humornya jadi terasa biasa saja. Lirik lagu versi Indonesia juga saya skip karena saya tidak familiar dengan lagu tersebut. Yah, mungkin saya hanya menikmati 60% dari keseluruhan buku ini.

Secara keseluruhan, buku ini cukup kreatif. Covernya unyu-unyu. Saya mengacungkan jempol buat tim penulis buku ini. Jelas sekali mereka sangat paham dan mengidolai artis-artis Korea yang disebut dalam buku ini, karena kalau tidak, tentu mereka tidak dapat menemukan sisi lucu yang bisa dieksplorasi bukan? Akan tetapi, kekurangan buku ini sangat jelas, yaitu target pembacanya yang terbatas. Saya yakin, yang benar-benar fans sejatilah yang dapat menikmati dan memahami kelucuan buku ini, err... semoga. Saya yang ‘hanya sekadar tahu’ tentu saja tak bisa sepenuhnya menikmati buku ini. Yang bukan fans? Uhm, mending cari bacaan lain deh.

3/5 bintang, untuk beberapa jokes sukses membuat saya ngakak.


*Posting ini untuk Lucky No. 14 Reading Challenge 2014, Kategori: Cover Lust

10 komentar:

  1. Ya ampun, mahal yaa harga bukunya *salah fokus
    Aku agak ragu sih kalau mau beli buku yang genre humor karena takutnya garing.
    Tapi bener, cover-nya menarik :)

    BalasHapus
  2. aku juga agak ragu kalo untuk beli buku urusan humor humoran begini. soalnya selera humorku agak antimainstream ._. takutnya nggak bisa menikmati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, selera humor Wenny yang kayak gimana? :D

      Hapus
  3. wkwkwkw iya covernya imut... sebagai orang awam yang gak ngikutin sepak terjang SMTown ini, kayaknya agak nggak nyambung buku ini buatku XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Segmen pembacanya memang terbatas, Kak.

      Hapus
  4. Iya mahal banget, tapi memang isinya bikin ngakak pol. Tanpa sadar saya sudah membaca KpopSalah Gaul jilid 1, 2 dan The Story *weleh

    BalasHapus
  5. may be useful for all, helpful article once and pardon me permission to share also here Obat

    tradisional herpes

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back to top